Minggu, 29 November 2015

Skripsi itu tentang kemauan dan keseriusan !

Skripsi itu tentang kemauan dan keseriusan !


Edisi cerita kali ini tentang topik skripsi. Hehehe ini efek dari banyaknya pertanyaan dari adik, teman yang sekarang lagi galau skripsi. Galau tentang judul, galau mau ambil penelitian tentang apa, sampek galau gimana caranya skripsi itu biar menarik dan unik. Well, semoga sedikit coretan ini bisa membantu kegalauan hati dan pikiran teman-teman

Kebutuhan yang paling mendasar jika kita akan menentukan topik penelitian skripsi, adalah kamu siap untuk serius dan giat dalam mengerjakannya tidak peduli apapun topik penelitianmu, entah yang paling mainstream sampai yang belum pernah ada. Kuncinya serius!

Nah, berikut ini tips-tips yang bisa kamu pakai untuk selanjutnya bisa dengan mudah menentukan topik penelitian skripsimu : 

 

Pertama, kamu harus paham metodologi penelitian dan aliran penelitian. Metode penelitian kuantitatif dari aliran pemikiran positivistik dan penelitian kualitatif dari aliran pemikiran kritis.

Kedua, kamu harus rajin baca, rajin access internet untuk mencari topik penelitian apa sih yang biasanya digunakan dan belum pernah digunakan. Mengambil topik penelitian yang tidak mainstream itu adalah point plus.

Ketiga, sharing dan diskusi dengan teman dan kakak senior itu juga penting. Pengalaman dari kaka senior itu bisa jadi the best information buat yang pada lagi galau. Ya setidaknya mereka juga pernah merasakan masa-masa sulit ngerjain skripsi.

Keempat, jangan takut dan bosen-bosen bimbingan sama dosen pembimbing skripsi. Paling penting kalian harus bisa membangun chemistry sendiri dengan dosbing. Kedekatan emosional dengan dosbing itu penting supaya dosbing bisa tau kesulitanmu dan kegaduhan pikiranmu. Minimal dalam satu minggu itu satu kali ketemu dosbing. Ingat ya semakin malas kamu dosbing, kesesatan semakin menjerumuskanmu. Dosbing memang tidak sepemahan dengan kita untuk ranah pemikiran. Jangan galau duluan, disitulah gunanya kamu sharing dengan teman atau dengan senior faham. Bocoran ya, sharing dengan kaka senior yang jenjang pendidikannya tinggi mis. S2 atau teman-teman yang expert lebih dibidangnya itu sangat sangat membantu.  

Kelima, perbanyak teman diskusi dan network society. Atleast, point ini sangat sangat membantu kamu untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Bertukar pikiran dengan teman sejawat yang paham tentang topik penelitian kamu itu sangat membantu, eits tapi jangan salah minta saran atau pendapat dari teman yang tidak paham penelitianmu itu bisa berabe. Lebih membantu lagi kalau bisa sharing dan diskusi sama senior yang lebih paham, ini sangat sangat membantu.

Keenam, jangan pernah beranjak dari laptopmu tiap harinya. Selalu buka laptopmu setiap hari minimal sehari du kali, entah kamu gak ada revisian, atau kamu buntu tetap buka laptopmu baca lagi baca lagi penelitianmu ini akan membiasakan otak kamu untuk selalu terstimulus untuk berpikir.

Ketujuh, dan yang paling penting kamu harus punya target dan tekad yang kuat. Tulis setiap deadline yang kamu punya dibuku harianmu. Tulis hal-hal apa saja yang ingin kamu capai. Hal ini akan menstimulus pikiran kamu untuk semangat menggapai mimpimu itu.

Finally, tidak ada yang lebih penting dari seberapa besar kemauan dan keseriusan kamu untuk mengerjakan skripsi itu tepat waktu. Jangan lupa doa dan restu orang tua dan orang-orang disekitarmu itu sangat penting. Rajin – rajin ibadahlah, biar segalanya dimudahkan. Well, percayalah akan ada cerita yang indah disetiap hidup yang diperjuangkan, usaha tidak akan menghianati hasil.

So, keep spirit, fight and faith for it! Good luck para skripsier, be different research yaa.... :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar