Minggu, 10 Januari 2016

Transisi

Setiap orang pasti pernah mengalami. Sebuah masa dimana kita mulai meninggalkan kebiasaan lama dan berpindah ke kebiasaan dan rutinitas baru. Pindah dari masa sekolah ke masa kuliah. Pindah dari masa liburan ke masa sekolah atau bahkan pindah dari masa kuliah ke masa kerja. Semuanya pasti pernah merasakan, 

Tidak memang, ya tidak mudah memang menjadi bagian dalam masa transisi. Harus pandai beradaptasi, Harus bisa membawa diri. Menyesuaikan dengan keadaan dan kebiasaan yang baru. Tidak mudah memang menjadi bagian dalam masa transisi. Tapi, perlahan tapi pasti kita pasti bisa melewatinya.

Ada hal yang sulit dimengerti dari transisi dari dunia kuliah ke dunia kerja. Ketika kuliah yang kita tahu hanya perlu belajar dan membuat prestasi segemilang mungkin untuk mendapat predikat memuaskan. Ketika kuliah kita bebas berpikir dan melakukan hal - hal positif sesuai dengan pemikiran kita. 

Masa transisi, yang tidak bisa beradaptasi mungkin akan tersisih. Transisi dari dunia kuliah ke dunia kerja memang tidak sekedar hal sepele. Yah, semuanya akan berkaitan dengan habbit, kebiasaan dan pola kehidupan yang kita lakukan sebelumnya. Jikalau terbiasa dengan beban, tugas dan tanggungjawab maka tidak akan menjadi hal yang sulit untuk bertransisi ke dunia kerja. Jikalau terbiasa dengan deadline, komunikasi, public speaking maka harusnya tidak akan kaget dengan transisi dunia kerja. Belajar, semuanya pun sama - sama sebagai proses belajar. Belajar menjalani hidup, belajar dengan kehidupan yang sebenarnya. 

Banyak sekali yang tidak siap ketika bertransisi dari dunia kuliah ke dunia kerja. Saya pun juga mungkin salah satunya, masa - masa dunia kuliah begitu menyenangkan, banyak teman, banyak cerita, banyak pengalaman. Kenangan tapi hanya sebagai kenangan, move on adalah cara satu satunya hidup harus terus berjalan. Siap - siap atau tidak siap kita harus melewati masa transisi ini dengan niat baik dan penuh semangat. 

Kebiasaan diwaktu kuliah yang pernah kita lakukan setidaknya menjadi bekal untuk mulai menapaki dunia kerja dan kehidupan sebenarnya yang kebanyakan menjadi dilema setiap orang. Setidaknya beruntunglah mereka yang telah mengasah kemampuan dan skill sewaktu kuliah, setidaknya dengan begitu ada bekal yang dimiliki mulai dari soft skil, terbiasa dikejar dealine, tanggungjawab atas segala tugas, dan lain sebagainya. 

Pada dasarnya ketika masuk kedunia kerja, kita mendapatkan tanggungjawab baru yang mau tidak mau kita harus sebisa mungkin menjalankan amanah dengan sebaiknya. Kerja adalah Ibadah. Cintai Pekerjaanmu maka Pekerjaan Akan Mencintaimu. Jangan pernah takut saat mengalami masa-masa transisi, enjoy saya, santai saja, lewati semuanya dengan semangat dan hati penuh riang. Ada pelangi setelah hujan. Ada kemudahan setelah kesulitan. Keep Going On! Fight YA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar